-->
Life Must Go On

Wednesday, October 04, 2006

Mandala RI-394 Tergelincir


Untuk kesekian kalinya pesawat milik Mandala Airlines mengalami kecelakaan. Selasa, 3 Oktober 2006, sekitar pukul 11.15 WITA tergelincir di bandar udara Juwata, Tarakan, Kalimantan Timur dan keluar dari landasan pacu sejauh 600 meter dari ujung landasan dan 50 meter sebelah kiri landasan.

Pesawat jenis Boeing 737-200 dengan registrasi PK-PIE dan nomor penerbangan RI-394 tersebut membawa 104 penumpang, 4 awak serta pilot dan ko-pilot. Pesawat berangkat dari bandar udara Soekarno-Hatta, Jakarta dengan tujuan Bandar Udara Juwata, Tarakan, Kalimantan Timur dan singgah di Bandar Udara Sepinggan, Balikpapan.

Pesawat yang dipiloti oleh Kapten Pilot Sulistio Dwi H dan Co Pilot Agus itu, ketika landing tidak berada tepat di center line landasan pacu, tetapi berada sekitar 10-20 di sisi kanan landasan pacu, sehingga roda kanan pesawat berada di luar landasan pacu. Hal ini mengakibat kan roda pesawat patah dan terlempar hingga 15 meter dari landasan pacu.

Pesawat yang mencoba untuk masuk kembali ke center line malah terdorong ke sebelah kiri landasan pacu sehingga terseret hingga 600 meter dari ujung landasan dan berhenti di rawa yang berjarak 50 meter dari landasan pacu.



Kapten Pilot yang ditemui wartawan Radar Tarakan menjelaskan, bahwa pada saat hendak landing, dia tidak merasakan adanya masalah, semuanya lancar, namun beberapa saat sebelum mendarat, dia merasa pesawat yang dikemudikannya diterpa angin dari sisi kiri sehingga posisi pesawat tidak tepat berada di center line dan dia tidak menyebutkan mengenai kesulitan jarak pandang akibat kabut asap yang belakangan ini melanda Tarakan. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, 3 orang penumpang dirawat di RSUD Tarakan akibat shock.

Belum diketahui jelas penyebab kecelakaan ini, apakah human error, technical error, atau akibat kabut asap yang memperpendek jarak pandang? Seperti dunia penerbangan di Indonesia perlu lebih meningkatkan keselamatan penerbangan.



Sumber: Cendrawasih Pos
Foto : Koran Tempo
Liputan 6 SCTV

Posted by Bryan :: 10:17 AM :: 0 comments

Post a Comment

-------------------------------------




* Thank You For Visiting My Blog * Enjoy Your Stay * Selamat Natal 25 Desember 2006 dan Tahun Baru 1 Januari 2007 *Turut Berduka Atas Musibah Hilangnya Pesawat Adam Air KI 574 dan Tenggelamnya KMP Senopati*


Count Down To Christmas 2007



Bryan Leonardhie
Copyright @ 2006